Berpikir Kritis 3 : Fallacy – Argumentum ad ignorantiam

Artinya adalah sebuah kesimpulan yang menyatakan ‘benar’ karena belum ada cara untuk membuktikan kesalahannya, begitu juga dengan kesimpulan ‘salah’ karena belum ada cara untuk membuktikan kebenarannya. Sama halnya dengan kesimpulan sesuatu ‘terbukti ada’ bukan karena belum ada yang membuktikan ketidakberadaannya, begitu juga sesuatu sesuatu “tidak ada” karena belum ada cara membuktikan keberadaannya. Kesalahan paling umum dari sesat pikir (fallacy) ini adalah karena kuranganya bukti, atau bahkan ketidakmungkinan untuk membuktikan kebenarannya. Jadi bila seseorang belum pernah membuktikan sesuatu ada/tidak ada, bukan berarti sesuatu itu ada/tidak ada.

Contoh 1 :

Tidak ada bukti yang akurat dimasa lampau yang bisa membuktikan bahwa Jayanegara (raja majapahit ke-2) adalah anak raden wijaya (pendiri majapahit), maka tidak berarti bahwa Jayanegara bukanlah anak raden wijaya. Karena tidak ada metode saat itu yang bisa membuktikan bahwa mereka adalah anak-bapak secara genetis (tes DNA misalnya), bukan berarti mereka bukan anak/bapak. Jadi kesimpulan hanya didasarkan pada pengalaman keseharian dan generalisasi peristiwa-peristiwa yang terekam, selebihnya adalah bentuk kepercayaan.

Contoh 2 :

Karena tidak ada cara membuktikan bahwa Tuhan ada, bukan berarti Tuhan tidak ada, begitu juga sebaliknya. Sehingga keyakinan Tuhan ada atau tidak didasarkan pada sebuah pengalaman spiritualitas tentang campurtangan Tuhan, yang berakhir pada kesimpulan eksistensi Tuhan. Jadi ini tergantung belief/kepercayaan.

Disinilah mengapa IRiS tidak memiliki kompetensi dan juga ketertarikan untuk mendiskusikan kepercayaan. Yang bisa diklarifikasi dan di uji di IRiS adalah sesuatu yang secara materiil bisa di buktikan. Inilah bedanya Tuhan dengan Hantu, dimana Tuhan tidak pernah memiliki klaim manifestasinya yang dapat dibuktikan, sehingga tidak bisa diuji empiris. Sedangkan Hantu memiliki klaim manifestasi dalam bentuk Fisik, sehingga bisa diuji klaim penampakannya. Misalkan Hantu dalam bentuk pocong, jenglot dan semacamnya, maka klaim manifetsasi itu bisa di klarifikasi untuk dibuktikan, karena ada cara untuk membuktikannya.

Contoh aplikasi :

IRIS tidak pernah mempersoalkan klaim Lia Eden, Sai Baba, dll sebagai seorang nabi, bahkan Tuhan sekalipun karena tidak ada cara untuk bisa membuktikannya, jadi itu bukan ranah kerja IRIS. Namun, kalau ada klaim bahwa Lia Eden, Sai Baba bisa terbang, menghidupkan orang mati, dll barulah ini menjadi fakta menarik yang akan diklarifikasi oleh IRIS. Karena basis material itulah yang mampu diklarifikasi kebenarannya. Namun jangan berdebat soal nabi/tokoh terdahulu karena tidak ada cara untuk membuktikan extraordinari-nya, itu semua tergantung belief.

Berangkat dari kesadaran Argumentum ad ignorantiam inilah, IRIS menghormati semua keyakinan. IRiS menolak semua bentuk klaim kepercayaan sebagai satu-satunya kebenaran, karena IRIS justru menghargai semua keyakinan. Fakta menjadi awal diskusi yang paling tepat, bukan keyakinan atau penghakiman terhadap keyakinan lain, apapun bentuknya.

Mari kita rayakan perbedaan penuh dengan perdamaian!

Oleh

A. Pattingalloang

2 Comments

  1. Gazza Angelo Good.. :D
    18 March 2011 at 12:45 · Like

    Alvian Mahardhika Pelangi indah karena perbedaan warnanya….. Alah…. :-)
    18 March 2011 at 14:17 · Like

    Reysmhank Maulana perbedaan adalah rahmat…
    18 March 2011 at 19:30 · Like

    Edward Maxwell rahmat adalah tukang bakso keliling langganan gw .
    #makin ngawur
    hahahahahaha . ~_~
    18 March 2011 at 21:43 · Like · 1

    Anita Warow Setuju!!
    18 March 2011 at 22:18 · Like

    ‘Andrhe Chesa Jhago Hipnotis’ Setuju bro , Benarkan apa yang perlu di benarkan !!!
    19 March 2011 at 13:25 · Like

    Vincent Garry Brumadyadisty Abis ini saya nikah beda agama.
    10 April 2011 at 10:55 · Like

    IRiS (Indonesian Rationalist Society) Blubb: Apa hubungannya?? Provokasi yang buruk…
    11 April 2011 at 17:48 · Like

    Vincent Garry Brumadyadisty nggak. Cuman satir aja kok. Kalo beda kan indah, merayakan perbedaan. Maap maap.
    11 April 2011 at 18:16 · Like · 1

    Aevil Naevil gambarnya editan……
    15 September 2011 at 19:19 · Like

    Aevil Naevil editan gambarnya………
    15 September 2011 at 19:21 · Like

    Lechoy Gamas Komennya pada ngacoo…nih. :p
    8 October 2011 at 22:43 · Like

    Rey Nold suka
    9 October 2011 at 03:34 · Like

    Eibon Sorcerer super like this dah….
    17 hours ago · Like

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *