Apakah Indra Keenam Itu Betul-betul Ada?

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, indra keenam cuma omong kosong.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, indra keenam cuma omong kosong.

KOMPAS.com – Banyak dari kita yang mengakui adanya indra keenam. Kita kadang menyebut seseorang punya indra istimewa itu, bisa memprediksi hal baik atau buruk yang akan terjadi maupun melihat hantu, ruh, dan sebagainya.

Namun, apakah indra keenam itu memang ada? Apakah memang ada manusia yang punya kemampuan istimewa, bisa melihat sesuatu yang tak terlihat oleh orang lain?
Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, indra keenam sejatinya tak ada. Kemampuan untuk melihat masa depan dan merasakan hal aneh sebenarnya hanya tipuan pikiran yang diinterpretasikan salah selama ribuan tahun.
Riset itu menyatakan bahwa kemampuan untuk menyadari sesuatu yang tak terlihat atau tak diketahui bukan berasal dari indra keenam atau Extra Sensory Perception (ESP).
Perasaan memiliki kemampuan terkait indra keenam sebenarnya hanya merupakan pengalaman seseorang yang tidak diberi waktu untuk memikirkan apa yang mereka lihat dan menjelaskannya secara detail.
Piers Howe dari Melbourne School of Psychological Science di University of Melbourne melakukan sebuah penelitian dengan meminta sejumlah orang melihat dua foto yang merujuk orang yang sama dengan sedikit perbedaan, misalnya gaya rambut.
Foto itu diperlihatkan kepada sejumlah orang selama 1,5 detik. Antara foto satu dengan yang lain, ada jeda waktu selama satu detik.
Setelah melihat kedua foto, responden diberi pertanyaan tentang ada tidaknya perbedaan antara foto pertama dan kedua serta diminta memberikan detail dari perbedaan tersebut.
Sejumlah orang ternyata mampu menyadari adanya perbedaan namun tidak mampu mendeskripsikan perbedaan itu. Inilah akar dari anggapan bahwa seseorang memiliki indera keenam.
“Mereka bisa menyadari adanya perubahan namun mereka tidak bisa mengidentifikasi perubahan itu. Inilah kenapa mereka percaya pada indra keenam yang sebenarnya cuma omong kosong,” kata Howe.
“Itu bukan indra keenam. Apa yang terjadi adalah mereka mendapat informasi yang terlalu banyak dari yang bisa mereka ungkapkan secara verbal,” imbuh Howe seperti dikutip Sydney Morning Herald, Rabu (15/1/2014).
Howe mengakui bahwa mungkin seseorang memiliki kemampuan melihat atau merasakan lebih dari orang lain. “Tapi itu bukan keajaiban,” katanya.
Menurutnya, manusia sendiri memiliki otak dan pikiran yang hebat, sesuatu yang mengagumkan yang terjadi di bawah sadar. Ia mengatakan, “itu lebih hebat dari indera keenam.”
Sumber : http://sains.kompas.com/read/2014/01/16/1955193/Apakah.Indra.Keenam.Itu.Betul-betul.Ada.

Penulis : Yunanto Wiji Utomo
Editor : Yunanto Wiji Utomo
Posted in:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *